Praduga Bersalah

Share |
05 Maret 2010, 15:06 | dibaca 305249 kali

Kebenaran saja jika Antasari Azhar adalah lulusan Fakultas Hukum UNSRI dan berasal dari Sumatera Selatan. Namun sepertinya bukanlah kebenaran jika saat ini Antasari masuk kepusaran persoalan yang sangat deras. Kabur, antara kehendak tuhan dengan skenario manusia. Sepertinya harus ada suatu keajaiban agar Antasari lolos dari lilitan masalah yang sungguh mematikan [...]

Dalam ilmu hukum dikenal asas praduga tidak bersalah (presumption of innocent). Setiap orang dianggap tidak bersalah sebelum secara hukum terbukti bersalah. Ini artinya, aparat hukum akan ekstra hati-hati dalam mempublikasikan apakah seseorang itu berstatus tersangka atau bukan. Tidak juga obral dalam memberikan penjelasan-penjelasan yang mengarah kepada praduga bersalah (presumption of guilty).

Ironisnya ketika persoalan hukum yang diduga melibatkan Antasari Azhar, orang-orang hukum melupakan asas praduga tidak bersalah itu. Secara tiba-tiba dan cepat sekali kejadiannya meluncur deras cerita-cerita sekitar masalah itu. Semua aparat hukum sepertinya menyimpan banyak bahan tentang kasus ini. Adalah kejaksaan agung yang “pagi-pagi”dengan semangat maju mengumumkan bahwa Antasari Azhar berstatus tersangka. Memang tidak ada salahnya kata “tersangka” keluar dari KAPUSPEN Kejaksaan Agung. Namun, pernyataan serupa tidak biasa.

Tidak biasa karena walau bagaimanapun Antasari adalah “anak kandung” Kejaksaan dengan berbagai prestasi yang pernah ditorehnya. Lazimnya suatu lembaga akan melindungi korpnya, walau tak berarti melindungi begitu saja. Artinya agak janggal jika justru kejaksaan agung paling bersemangat mengumukan status tersangka Antasari. Apa salahnya jika surat permintaan pencekalan dari Polri dibacakan tanpa terlalu menekankan status tersangkanya.

Skenario yang sangat bertentangan dengan prinsip praduga tidak bersalah juga kental beserta cerita-cerita yang sama persis dan menyebar luas.Bahwa ada hubungan cinta segi tiga antara Nasruddin, Antasari dengan so called Nani. Bahwa Antasari pernah mengancam Nasruddin yang akan membuka aib soal hubungan gelap dengan Nani. Cerita ini meluas dan seragam diseluruh Indonesia.

Apakah benar kematian Nasruddin akibat kisah cinta segitiga? Apakah benar bahwa pembunuhan terhadap Nasruddin merupakan perintah dari Antasari? Benarkan ada SMS yang bernada mengancam kepada Nasruddin? Benarkah SMS itu dikirimkan oleh Antasari? Benarkah perintah membunuh itu datang dari Antasari? Ada puluhan lagi pertanyaan yang harus diajukan. Namun sedari awal opini publik tergiring mengikuti alur cerita yang ditafsirkan benar.

Katakanlah mimpi buruk perubahan status Antasari menjadi tersangka benar-benar menjadi kenyataan. Namun tetap saja banyak hal yang tidak fair dibalik semua itu. Sedari awal Antasari telah disangkakan bersalah. Beliau telah juga diadili oleh pers (trial by the press). Sulit juga menyalahkan pers karena memang Antasari adalah “orang besar” dan fenomenal yang dalam keadaan normal saja merupakan gudangnya berita. Apalagi dalam kondisi abnormal.Bahkan sebenarnya mimpipun kita tidak berani terhadap munculnya persoalan Antasari ini.

Bahwa tetap saja terjadi diskriminasi dalam penegakan hukum kita. Selama ini seorang koruptor dicap tidak bersalah sepanjang belum ada putusan bersifat tetap (inkracht). Selalu ditekankan bahwa dalam proses hukum asas praduga tidak bersalah harus dikedepankan. Namun dalam kasus Antasari asas hukum itu dikesampingkan. Gerak cepat berbagai pihak justru mengedepankan praduga bersalah. Mestinya opini tidak serta-merta mengalahkan esensi. Jangan-jangan semua kita terkecoh oleh cerita tingkat tinggi. Apapun ending dari kasus Antasari nanti, saya hanya menekankan: kedepankanlah asas praduga tidak bersalah secara merata. Jangan dipilah-pilah.

Leave Your Comment:

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion


 

 

Comments:

 


kata kata galau kata kata motivasi desain rumah minimalis jual baju korea kacamata online cara cepat hamil cara memakai jilbab